5 Jajanan berbahan dasar Aci Paling laris di SD (Sekolah Dasar)


Kita semua tentu pernah mengalami masa-masa sekolah, masa sekolah terutama sekolah dasar adalah masa-masa paling indah yang pasti dilalui oleh semua orang. Tak terkecuali anda pasti juga mengalami kan gaes?
lalu apa saja hal yang paling menyenangkan dari masa sekolah ? yapp anda benar !, yang paling menyenangkan dari masa sekolah salah satunya adalah ketika mendengar bel istirahat berbunyi... teng-teng-teng... kalo sekarang ya teet-tet-tett.. ya kan gaes?

Lalu kita berhamburan keluar dan menyerbu para penjual jajanan yang sudah setia menunggu di depan gerbang sekolah. Ada banyak sekali penjual jajanan di sekolah. Semakin hari semakin banyak jajanan baru yang bermunculan memberi warna tersendiri disekolah terutama di sekolah dasar.
Disetiap sekolah dasar ada jajanan yang pasti ada disetiap tempat diseluruh sekolah dasar yang ada di indonesia,berikut kami rangkumkan 5 jajanan paling laris di sekolah dasar terutama yang berbahan dasar dari Tepung Tapioka atau Aci, langsung saja simak gaess...

1.   Cilok


Hampir disemua sekolah terutama sekolah dasar pasti ada yang menjual jajanan ini gaes, yaitu Cilok. Cilok adalah sebuah makanan khas jawa barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi, kenapa dinamakan Cilok ?yaitu dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok ,dan jadilah Cilok (Aci dicolok). Unik ya gaes..

2.   Cilung


Sebenarnya nama asli dari jajanan yang satu ini adalah papeda gaes, papeda adalah makanan khas dari papua dan maluku yang terbuat dari tepung sagu atau aci. Karena makannya dengan cara di gulung dimasyarakat luas terutama di jawa lebih dikenal dengan nama cilung atau kependekan dari ‘Aci digulung’, Cara membuatnya pun cukup mudah gaes tinggal kita memanaskan teflon lalu kasih telor lalu kasih cairan Aci bercampur dengan air dan diberi sedikit bumbu tabur, kalau cilungnya sudah matang tinggal kita gulung aja gaes, lebih lengkap bisa baca “Cara membuat cilung”

3.   Cimol



Nah kali ini salah satu jajanan faforit ane gaes yaitu cimol, sama seperti diatas Cimol juga makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji/ tapioka/aci/ sagu. Cimol kependekan dari ‘Aci digemol’ (bahasa sunda) yang artinya Tepung kanji/aci dibuat bulat-bulat. Sekarang ini hampir disetiap sekolahan pasti ada pedagang jajanan yang satu ini gaes, cara membuatnya pun cukup mudah yaitu adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng. Biasanya Cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tabur.

4.   Cilor



Siapa yang tidak kenal dengan jajanan cilor. Pedagangnya makin menjamur menjajakan di sekolah-sekolah, apabila di suatu sekolah ada pedagang cilor pasti tuh langsung diserbu sama anak-anak, dan tidak Cuma anak-anak yang menyukai jajanan yang satu ini, orang dewasa pun banyak yang suka gaes. Perpaduan Aci yang kenyal dan telor yang gurih membuat jajanan yang satu ini menjadi favorit! Kalo kamu ingin tau cara membuatnya langsung cek saja “cara membuat cilor”.

5.   Cireng



Cireng singkatan dari ‘Aci goreng’, adalah makanan ringan yang berasal dari daerah sunda gaes. Cireng dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ini sangat populer di daerah periangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garan, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah berinovasi hingga rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki.
Nah itu dia lima jajanan berbahan dasar aci paling laris disekolah.

Semoga informasi yang saya berikan dapat menambah wawasan kalian ya gaes..


Author

Mas Rahman Nama saya surahman umur 24 tahun, belum menikah/single, alamat Banjarnegara No WA 0852-2645-3701 ya kali aja ada yang mau kenalan :D

2 komentar

  1. Cilung, beli dimana duhh jd pengiin 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jam istirahat jam 9 dateng aj ke sd 6 somawangi ada temen saya yg jualan cilung um

      Hapus

Posting Komentar