5 permainan Zaman dulu ini bisa bikin nostalgia, nomor 5 sekarang sudah punah!!


5 permainan Zaman dulu ini bisa bikin nostalgia, nomor 5 sekarang sudah punah!!

Masa kanak-kanak memang sangat menyenangkan. Ada banyak kenangan yang tidak mungkin mudah dilupakan, salah satunya adalah masa bermain serta berbagai macam permainannya.

Buat kamu yang lahir di awal tahun 90-an, pasti ngerasain bagaimana permainan itu memang luar biasa indah dan populer dimasanya.
Sayangnya banyak dari permainan zaman dulu yang sudah mulai punah karena pesatnya tekhnologi dan digantikan oleh game online.

1. Sepak bola


Sekarang anak-anak lebih suka bermain sepak bola di Android dan playstation dari pada main langsung di lapangan, beda dengan sepak bola zaman dulu.
Coba diingat lagi betapa nikmatnya sepak bola zaman dulu.

Apalagi Kalo lagi main bola terus turun hujan, makin deras hujannya makin Asyik permainannya. Beda dengan sekarang baru turun gerimis aja udah pada berhenti bermainnya.
Dulu berhentinya permainan biasanya karena berkumandangnya Adzan maghrib atau disamperin ibu untuk disuruh pulang.

2. Layangan

Permainan layangan memang tidak ada di Android, bahkan jarang sekali anak zaman sekarang yang bermain layangan. Kalopun ada pasti layangannya berukuran kecil dan dibeli ditoko.

Beda dengan Zaman dulu. Kita biasanya membuat layangan sendiri dari kertas bekas dan ukurannya lumayan besar dengan ukuran minimal satu meter.

Yang dirindukan dari bermain layangan bukan saat kita melihat layangan kita terbang tinggi, tapi pada saat kita berlari-lari mengejar layangan yang putus sampai tersandung ranting dan batu hingga kaki berdarah-darah.

3. Sunda manda

Ada yang kenal permainan sunda manda? Permainan yang terdiri dari kotak-kotak di tanah ini cara bermainnya melewati setiap kotak dengan melompat menggunakan satu kaki.

Entah apa artinya di kamus bahasa daerah kamu masing-masing untuk permainan yang satu ini. Yang jelas ini adalah permainan yang paling hits pada masanya, khususnya untuk anak cewek, ya nggak?

4. Kelereng

Permainan yang melatih kelincahan jari jemari ini telah digantikan oleh permainan yang hampir serupa yang memang melatih jari, namun kita hanya mendapat AVK, savage, maniac atau apapun itu. Indah memang, namun permainan ini mulai tergeser oleh masa.

Masih ada, namun hampir punah. Permainan ini sangat cocok untuk kamu yang pandai membidik, yap bermain kelereng. Permainan ini belum akan berakhir sampai ada pihak yang kehabisan kelereng.

Untuk anak yang hebat dalam bermain kelereng, hanya membawa satu sampai lima biji kelereng saja pulang bisa membawa sampai lima puluh kelereng!!

5. Lompat tali

Permainan khas cewek selain masak-masakan ini lucu juga kalau diingat. Sebab teringat betapa polosnya kita pada masa itu. Bermain tanpa memikirkan masalah baterai habis, kuota habis, atau apapun itu.
Namun apa yang bisa dikata, kemajuan teknologi telah menggeser beberapa permainan khas budaya kita.

Siapa nih cewek yang sekarang berumur 25 tahun? Pasti kenal dong dengan permainan lompat tali. Jika kamu benar-benar cewek sejati pasti ingat betapa lincahnya kalian saat lompat-lompat  melewati karet gelang yang disambungkan sedemikian rupa.

Beberapa permainan diatas sudah sangat sulit ditemui di era sekarang, bahkan beberapa sudah tidak pernah lagi dimainkan atau bahkan sudah punah. Tapi ada beberapa permainan yang masih tetap dilestarikan, bahkan dimasukan kedalam pelajaran olahraga,yaitu kasti.

Soalnya penulis pernah melihat sendiri ada beberapa sekolah yang diwaktu pelajaran olahraga gurunya malah menyuruh para siswa untuk bermain kasti.

Nah dari kelima permainan legendaris diatas mana yang paling berkesan bagi kalian?



Author

Mas Rahman Nama saya surahman umur 24 tahun, belum menikah/single, alamat Banjarnegara No WA 0852-2645-3701 ya kali aja ada yang mau kenalan :D

Posting Komentar