BANYAK SEDEKAH MENAMBAH SAUDARA MEMPERKUAT AKIDAH


oleh: Surahman

Assallamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Puji syukur kahadirat Allah Subhanahu Wataala yang telah melimpahkan banyak sekali nikmat dan karunianya kepada kita semua hingga saat ini, menit ini, dan detik ini kita masih di berikan kesehatan dan keamanan didalam rumah kita masing-masing, semoga kita semua segera di jauhkan dari wabah virus corona ini sejauh timur dan barat, sejauh langit dan bumi.  Aamiin

Di artikel kali ini saya akan membahas keutamaan sedekah, yang bukan hanya mendapat pahala semata yang notabene hanya untuk dirinya sendiri, tapi kita akan mendapat manfaat yang jauh lebih luas lagi dari sedekah yaitu persaudaraan, silaturahmi, dan memperkuat akidah Islamiyah yang saat ini mulai terkikis oleh serangan kaum atheis-misionaris terselubung.

PENJELASAN SINGKAT TENTANG SEDEKAH

Kata sedekah berasal dari bahasa Arab yaitu Sadakah yang artinya pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu, dari penjelasan ini berarti sedekah itu lebih luas cakupannya dari Zakat maupun infak.

Ada salah satu hadist Nabi Solalohu Alaihi Wassalam yang mungkin kalian jarang mendengarnya karena kurang populer dari hadis hadist tentang sedekah yang lain yaitu hadis riwayat Muslim dibawah ini.

“Sedekah adalah Bukti.”(HR. Muslim No.223)

Hadist diatas shahih dan singkat, tapi maknanya sangat mendalam,”sedekah adalah bukti” semua tindakan harus mempunyai bukti, misal kita bekerja keras siang malam di perusahaan kinerja kita baik tapi kita tidak mempunyai bukti, tidak ada yang bisa kita buktikan kalo ini semua adalah hasil kerja keras kita alhasil perusahaan tidak mengakui kita, dan kalo nantinya ada pengurangan karyawan kita akan kena karena kerja keras kita dianggap biasa-biasa saja.

An Nawawi menjelaskan yang dimaksud sedekah adalah bukti yaitu bukti kebenaran Imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari shidqu Imanihi (kebenaran Imannya), jadi kalo kita mengaku Muslim, kita mengaku beriman, kita mengaku sebagai pengikut Rosulluloh tapi tidak mau bersedekah bisa jadi nanti di akhirat saat ditanya apa Agamamu? kita bisa mejawab “Agama saya Islam” tapi saat ditanya mana buktinya kita tidak bisa membuktikan kalo kita itu beragama Islam karena kita tidak mau bersedekah. Naudzubilamindalik

SEDEKAH MENAMBAH PERSAUDARAAN

Sudah sejak 5 tahun yang lalu saya mulai aktif ikut kajian disalah satu ormas Islam, karena ini suatu komunitas keagamaan pasti ada lembaga Lazisnya Lembaga Amil Zakat Infak Sodaqoh, dan disini saya ikut membantu menyalurkan hasil zakat infak sodaqoh dari para pemberi ke penerima.

Dan dari sinilah saya bertemu teman-teman saya, teman-teman yang berkualitas yang mempunyai ghiroh semangat yang sama, teman-teman yang ingin agar umat Islam ini jaya, dari sinilah saya mulai sadar kalo manfaat zakat dan sedekah bukan hanya dalam bentuk materi tapi juga dalam bentuk yang lebih dalam lagi yaitu ikatan persaudaraan.

Ikatan persaudaraan dari yang memberi ke yang menyalurkan, ikatan persaudaraan dari yang menyalurkan ke yang menerima, ikatan persaudaraan dari yang memberi ke yang menerima, ikatan persaudaraan sesama pemberi, ikatan persaudaraan sesama penyalur, ikatan persaudaraan sesama penerima, subhanalloh kalau kita sadar manfaat sedekah dan zakat seluas ini tentu persaudaraan sesama umat Islam ini akan semakin kuat, kokoh dan tidak mudah di bentur-benturkan oleh isu khilafiyah dan politik belaka.

Sedekah dan zakat juga bisa dilakukan oleh komunitas lain selain komunitas keagamaan, misal komunitas motor, komunitas pecinta sepeda, komunitas bisnis atau komunitas grup wa , komunitas info cegatan dan sebagainya.

Misal komunitas teman saya, komunitas pecinta motor yang tadinya Cuma geber-geber motor yang hanya berisikin orang, mengganggu orang, sekarang sudah mulai aktif ikut bersedekah.

Dan ada juga komunitas teman saya yang lain yaitu komunitas Jum’at barokah yang alhamdulilah tetap konsisten membagikan nasi bungkus disetiap hari Jum’at.

Dan juga komunitas bisnis online yang sudah ikut bersedekah masker dan APD, dan masih banyak komunitas-komunitas lain yang mulai bergeliat untuk ikut bersedekah. Alhamdulilah, ditengah pandemi ini kita bisa meningkatkan persaudaraan dengan saling memberi dan saling menyemangati dalam #MenebarKebaikan

SEDEKAH MEMPERKUAT AKIDAH

Dari Anas bin Malik Radhiallahu’anhu bahwa Rasullullah Shalllallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Hampir-Hampir kefakiran (kemiskinan) itu menjadi kekafiran” (Syu’abul Iman No.6612)

Dari hadist diatas bisa diambil pengertian kalau kemiskinan itu bisa mendekatkan seseorang kepada kekafiran, dan kemiskinan inilah yang dimanfaatkan oleh para misionaris dari berbagai Agama untuk melancarkan misi mereka yaitu memurtadkan umat Islam.

Tentu kita sudah pernah mendengar bahwa ada salah satu dusun di daerah Gunung Kidul yang warganya hampir murtad karena kekurangan pangan, dan ketika para misionaris datang dan membagikan beberapa bungkus mie instan dengan syarat harus keluar dari Islam mereka terpaksa mau, untung ada beberapa tokoh yang mencegahnya.

Dan juga pengakuan dari para mantan misionaris yang sekarang alhamdulilah sudah mantap memeluk Islam seperti Ust. Rahmat Hidayat (Matius) dan juga mantan aktivis gereja Dra Dewi Punamawati yang menyatakan di Youtube nya kalo dia pernah memurtadkan banyak muslim hanya dengan makanan saja.

fakta-fakta diatas adalah tamparan keras buat kita sebagai umat Islam, bisa bisanya kita membiarkan saudara seiman kita murtad begitu saja hanya karena mereka kekurangan makanan, mereka terpaksa murtad karena kondisi ekonomi mereka terpuruk, mereka terpaksa murtad karena kemiskinan, lalu dimana kita ketika mereka dalam kesulitan? Dimana kita?.

Untuk itulah marilah kita perkuat akidah kita, keimanan kita dan keimanan saudara-saudara kita dengan bersedekah, dengan tolong menolong dan menyemangati tentang kebaikan berbagi dalam kesulitan hingga tidak ada lagi celah bagi para misionaris untuk melancarkan gerakannya.

Bagi temen-temen yang ingin bersedekah atau menyalurkan zakat nya tapi bingung mau memberikannya kemana, temen-temen bisa menyalurkannya ke http://dompetdhuafa.org

http://dompetdhuafa.org adalah lembaga filantropis Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welas asih) dan wirausaha sosial profetik yang dikelola oleh orang-orang profesional dan juga sudah mempunyai banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”



Author

Mas Rahman Nama saya surahman umur 24 tahun, belum menikah/single, alamat Banjarnegara No WA 0852-2645-3701 ya kali aja ada yang mau kenalan :D

6 komentar

  1. Masya Allah. Barakallah.
    Terima kasih sudah mengingatkan untuk bersedekah, Thor. Sedekah memang harus dibudayakan.

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah berkomentar, kalau mau sedekah bisa ke www.dompetdhuafa.lrg

    BalasHapus
  3. Semoga kita bisa sedekah setiap hari , MasyaaAllah apalagii manfaatnya banyak banget

    BalasHapus
  4. @rusumu ..aaamiiin ya robbal alamin

    BalasHapus

Posting Komentar