5 KESAMAAN ANIME NARUTO/BORUTO dengan Keadaan Di Indonesia

Konichiwa minna ... Apa disini ada yang masih suka nonton anime Naruto/Boruto, kalo ada toss kita samaan. Yee

Anime Naruto adalah anime asal jepang karya Mashashi Kisimoto, sedangkan Boruto lanjutan dari Anime Naruto adalah Anime karya Ukyo Kodachi (anak buah Masashi kisimoto).

Sadar atau tidak ternyata Anime Naruto/Boruto memiliki beberapa kesamaan dengan keadaan negeri Indonesia ini loh. Apa aja kesamaan nya, cuss mari kita simak pelan-pelan yaa.


1. Keadaan Geografis

Dalam anime Naruto/Boruto Desa Konoha dan Negara Api nya digambarkan dengan negeri yang subur dan ditumbuhi banyak pohon. Konoha sendiri artinya Daun, Desa Konohagakure artinya desa yang tersembunyi dibalik daun. Di konoha banyak sekali bukit-bukit dan gunung berapi, itu sebabnya negaranya disebut Negara Api karena banyak sekali gunung berapinya.

Sedangkan di Indonesia kurang lebih sama, di Indonesia ditumbuhi banyak sekali pohon hijau yang subur dan juga terdapat banyak gunung berapinya.

Apakah ini kebetulan?



2. Pemimpin

Pemimpin di desa Konoha bernama Hokage. Sejak berdirinya sampai saat ini Hokage di desa Konoha sudah berganti sebanyak 7 kali dan satu kali Hokage darurat bernama Danzo, danzo diangkat menjadi Hokage secara tidak resmi ketika desa Konoha dihancurkan oleh Pain dari Akatsuki. Desa Konoha juga mempunyai satu orang Hokage wanita bernama Tsunade, Tsunade adalah keturunan Hokage pertama yaitu Hashirama dan satu orang hokage tersingkat dalam memimpin Konoha bernama Minato.

Di Indonesia pemimpinnya bernama presiden. Sejak berdirinya sampai saat ini presiden di Indonesia sudah berganti sebanyak 7 kali dan satu kali presiden darurat bernama Syafruddin Prawiranegara, Syafruddin Prawiranegara diangkat menjadi presiden darurat ketika Indonesia diserang Belanda saat agresi militer Belanda kedua. Indonesia juga mempunyai satu orang presiden wanita bernama Megawati, Megawati keturunan Presiden Indonesia yang pertama yaitu Sukarno dan satu orang presiden tersingkat dalam memimpin Indonesia bernama BJ Habibie.

Apakah ini kebetulan?


3. Hubungan Dekat Dua Negara

Di anime Naruto digambarkan bahwa desa Konoha sangat mempunyai hubungan yang dekat dengan desa Sunagakure. Desa Suna adalah sebuah desa di negara Angin, desa Sunagakure artinya desa yang tersembunyi  di padang pasir, karena letak desa ini dikelilingi oleh padang pasir. Penduduk desa Suna beberapa memakai hijab untuk wanitanya dan sorban mirip dengan yang dipakai masyarakat timur tengah untuk laki-lakinya.

Sama halnya dengan Anime Naruto, hubungan negara Indonesia dengan negara-negara di padang pasir atau timur tengah, yang ciri-ciri penduduknya mirip dengan masyarakat desa Sunagakure juga sangat dekat, bahkan mempunyai kedekatan emosional tersendiri dengan negara Arab, karena sama-sama mayoritas beragama Islam.

Apakah ini suatu kebetulan?



4. Mitos dan Legenda

Di Anime naruto disebutkan akan muncul sosok pengacau dunia bermata satu bernama Juubi, dan ternyata memang muncul tapi Naruto dan teman-teman dengan segenap kekuatan bisa mengalahkannya. Sedangkan di Indonesia banyak yang percaya suatu saat akan muncul sosok bermata satu bernama Dajjal.

Ada lagi, di salah satu episode naruto disebutkan ada seorang anak yang sedang diceritakan sebuah dongeng oleh kakeknya bahwa di bulan ada seorang nenek-nenek yang sedang tinggal sendirian, dan ternyata nenek-nenek itu bernama Kaguya Otsutsuki yang disegel anaknya sendiri di Bulan.

Di Indonesia khususnya ditempat saya, dulu kakek saya waktu masih hidup pernah bercerita kalau di bulan itu ada nenek-neneknya, dan memang kalo dilihat sekilas saat bulan purnama di bulan  ada gambar nenek-nenek yang sedang duduk sendirian sambil memegang tongkat.

Apakah ini kebetulan?



5. Organisasi Terlarang

Di anime Naruto ada sebuah organisasi terlarang bernama Akatsuki, awalnya tujuan akatsuki sangat mulia yaitu ingin membawa kedamaian bagi seluruh dunia, tapi lama-kelamaan tujuannya menjadi tidak jelas. Ketika Pain pemimpin akatsuki mulai diperdaya oleh Obito dan ternyata Obito pun di perdaya oleh madara dan Madara pun diperdaya oleh Zetsu Hitam yang ternyata tujuannya ingin membebaskan Kaguya Otsutsuki yang tersegel di Bulan. Untungnya organisasi terlarang Akatsuki bisa di kalahkan oleh Naruto dan teman-temannya.

Kini di Anime Boruto anime lanjutan daru naruto ini muncul lagi sebuah organisasi yang masih diselidiki, bernama KARA.

Di Indonesia sendiri ada organisasi terlarang bernama HTI dan setelah HTI dibubarkan kini muncul lagi sebuah organisasi yang masih diselidiki, bernama KAMI.

Apakah ini kebetulan?

Itulah beberapa Cocoklogi versi saya, mungkin ada yang mau nambahin?

Author

Mas Rahman Nama saya surahman umur 24 tahun, belum menikah/single, alamat Banjarnegara No WA 0852-2645-3701 ya kali aja ada yang mau kenalan :D

2 komentar

  1. Boleh juga cocokloginya, kalau boleh saya menambahkan sebenernya ada beberapa tambahan persamaan karakter danzo yang sangat agresif tentang pertahanan desa, kekeh kepengin jadi pemimpin dengan tokoh yang purnawirawan militer yang ada di indonesia. Beliau cukup populer, siapakah beliau? silahkan ditebak sendiri hehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar