Belajar Kejujuran Dari Secangkir Kopi Tanpa Essens




“Being honest may not get you a lot of friends but it’ll always get you the right ones” (John Lennon)

Kutipan diatas bisa diartikan “Kejujuran Mungkin tidak akan memberimu banyak teman, namun kejujuran akan selalu memberimu yang terbaik”.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Thomas J. Stanley, Ph.D terhadap para miliuner sukses di Amerika ditemukan fakta bahwa dari seratus faktor yang mempengaruhi kesuksesan, kejujuranlah yang menempati urutan pertama.

Jadi, apabila ingin meraih kesuksesan atau ingin agar menjadi yang terbaik dibidangnya kejujuran harus selalu kita pegang teguh dimanapun dan dalam keadaan apapun.

Kejujuran bisa kita lakukan dimanapun entah itu dikantor, dijalanan, di sawah/ di ladang dan bisa juga kita lakukan di kedai kopi.

APA ITU KOPI?

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah melalui proses roasting dan dihaluskan menjadi bubuk.

kopi saat ini bukan hanya menjadi sekedar minuman dipagi hari, tetapi sudah menjadi sebuah budaya diberbagai belahan bumi.

Dibelahan bumi manapun pasti mempunyai ciri khas kopi tersendiri, begitu juga di bumi Nusantara ini.

Keadaan geografis yang unik dan budaya yang beragam membuat Indonesia mempunyai jenis kopi terbanyak di dunia dan penghasil kopi terbesar ke 4 di dunia.

Sayangnya prestasi tersebut tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan petani kopi kita, maka dari itu pada tahun 2019 lalu di kembangkanlah sistem baru untuk mengatur produksi dan memberikan transparansi pada proses distribusi kopi dari sejumlah daerah yaitu dengan didirikanlah konsep digitalisasi kopi dan penerapan Blockchain pada kopi atau lebih di kenal dengan nama Kopi Blockchain.

APA ITU KOPI BLOCKCHAIN?

Buat kalian yang berkecimpung di dunia digital pasti tidak asing dengan kata blockchain ya, biasanya blockchain sangat identik dengan mata uang digital atau bitcoin.

Blockchain adalah catatan transaksi digital berdasarkan strukturnya, di mana catatan individu, yang disebut blok, dihubungkan bersama dalam satu daftar, yang disebut chain (rantai).

Blockchain biasanya digunakan untuk mencatat transaksi yang dilakukan dengan cryptocurrency, seperti bitcoin, dan lain-lain.

Jadi sederhananya KOPI BLOCKCHAIN semacam digitalisasi komoditas kopi dengan menggunakan tekhnologi Blockchain di ethereum dan waves platform agar dapat memasarkan komoditas kopi ke pasar global.

Intinya Kopi Blockchain adalah kopi digital. Karena digital, maka kopi ini bukan untuk diminum, namun bisa diperjual belikan dalam bentuk aset crypto berupa token.

nantinya setiap 1 kopi Blockchain dapat ditukarkan dengan 1 kilogram fine robusta Bengkulu. Kopi blockchain ini dikelola oleh PT. Cyber Persada Nusantara.

Untuk memudahkan dalam mengelola Kopi Blockchain ini PT. Cyber Persada Nusantara membuat sebuah aplikasi yang dapat kita unduh bersama di Play store bernama KOPI (Kopi Blockchain).


dengan tekhnologi ini diharapkan akan memberikan suatu transparansi harga dipasaran sehingga petani akan lebih mendapatkan keuntungan karena harga tidak lagi dimonopoli oleh para pengepul kopi.

Walaupun telah diterapkan sistem blockchain tidak serta merta menghilangkan masalah pada kopi, karena sejatinya masalah pada produksi kopi banyak sekali, mulai dari cara tanam dan perawatan yang salah, distribusi yang semrawut, persaingan yang tidak sehat hingga para produsen kopi instan nakal yang dengan sengaja menambahkan essens di dalam kopi produksinya.

APA ITU ESSENS?

Essens/Essence adalah bahan tambahan makanan berupa cairan yang beraroma, dan biasanya di campurkan ke bahan kue, minuman atau jajanan anak-anak tapi seiring dengan berkembangnya zaman essence juga dicampurkan kedalam minuman kopi agar aroma dan warna kopi lebih kuat.

Essens merupahan salah satu zat aditif, Zat aditif adalah zat tambahan yang sengaja ditambahkan ke dalam makanan dengan suatu tujuan tertentu bisa untuk memperbaiki penampilan, menambah cita rasa atau memberikan aroma khas.

Zat aditif sendiri ada 2 macam yaitu zat aditif alami dan zat aditif buatan, tapi untuk produksi sekala besar atau pabrikan pasti menggunakan zat aditif buatan karena harganya lebih murah dan untuk menghemat anggaran.

Dalam produksi kopi skala pabrikan, untuk memproduksi satu ton kopi bubuk ber Essense, hanya dibutuhkan satu kilo biji kopi asli sehingga jangan heran kalo dijual dengan harga yang sangat murah.

Praktek pemberian essens pada kopi seperti ini tidak hanya merugikan petani kopi karena membeli produksi kopi lebih sedikit tapi juga merugikan konsumen, karena zat aditif yang terkandung di dalam essens mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Beberapa resiko kesehatan yang mungkin akan dialami bagi para peminum kopi ber essens yaitu, meningkatkan resiko hipertensi, memicu kanker, meningkatkan resiko diabetes, meningkatkan kolesterol jahat, dan memicu penyakit jantung karena kafein didalam kopi dengan campuran essens adalah kafein buatan jika dikonsumsi berlebihan hormon dopamin pada tubuh akan meningkat yang pada akhirnya mengganggu kesehatan jantung.

Jadi sebagai masyarakat yang menginginkan hidup sehat marilah kita ajak keluarga dan masyarakat kita untuk berhenti meminum kopi ber essens.

KOPI JUJUR, KOPI ASLI TANPA CAMPURAN ESSENS

The Bencoolen coffe adalah pelopor kopi jujur pertama di Indonesia yang telah menghadirkan kopi unggulan daerah bengkulu dengan citra rasa yang alami dan kekinian.

The Bencoolen Coffee kini bukan hanya menjelma menjadi pelopor kopi alami nasional dengan segala macam inovasi-inovasi yang mumpuni, tetapi juga ikut dalam gerakan kemanusiaan melawan virus corona di Indonesia dengan memberikan KOPI JUJUR, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen kepada tenaga medis, tenaga kesehatan, BNPB, pengemudi Ojek Online, supir taksi dan masyarakat di kawasan terdampak corona.

KOPI JUJUR LAWAN CORONA

Kopi Jujur mengajak seluruh komunitas kopi, para barista Indonesia, pengusaha, para Milenial influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers, Publik Figure dan seluruh masyarakat luas untuk mendukung aksi satu juta kopi geratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di Jakarta dengan membantu menyebarluaskan informasi kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

Aksi ini akan dilakukan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020.

Jadi buat temen-temen yang ingin berpartisipasi dalam gerakan satu juta kopi gratis ini temen-temen bisa mendonasikannya ke https://kitabisa.com/campaign/kopijujurlawancorona

Marilah kita bantu sesama kita, karena menyengaja menutup mata saat orang lain sedang nestapa adalah ketidakjujuran yang sebenarnya.

Author

Mas Rahman Nama saya surahman umur 24 tahun, belum menikah/single, alamat Banjarnegara No WA 0852-2645-3701 ya kali aja ada yang mau kenalan :D

Posting Komentar