SUKSES BERBISNIS ONLINE DI ERA INDUSTRI 4.0


Temen-temen semua, kali ini saya akan menulis sebuah artikel yang cukup menarik untuk dibahas dimasa pandemi seperti sekarang ini yaitu “cara sukses berbisnis online di era industri 4.0”.

Sebenarnya Industri 4.0 ini bukan istilah baru lagi dalam dunia usaha di berbagai belahan dunia, hanya saja mulai booming di Indonesia akhir-akhir ini yaitu sejak Menteri perekonomian saat ini, Erick Thohir pada tahun 2018 lalu saat hadir di kampanye pemenangan Jokowi-Ma’ruf amin mulai gencar mengkampanyekan dan mengajak masyarakat untuk berani mengahadapi Revolusi Industri 4.0.

JADI APA SEBENARNYA INDUSTRI 4.0 ITU?

Sederhananya, Revolusi Industri 4.0 adalah babak baru dari revolusi-revolusi industri di dunia yang sudah berjalan sejak dua abad yang lalu dimulai dengan berkembangnya mesin uap lalu merambah ke otomotif  dan terus berlanjut ke tekhnologi komputer dan sekarang masuk ke era digitalisasi industri dengan memanfaatkan jaringan awan atau claude/internet dan akan terus berkembang yang nantinya menggunakan kecerdasan buatan atau AI (artificial inteligence).

Berkembangan industri 4.0 mau tidak mau harus kita hadapi, tidak dapat dihindari nantinya perlahan semua hal akan beralih ke arah digital. Sehingga interaksi manusia dan teknologi sudah tidak terelakkan lagi. Semua pemenuhan kebutuhan kini sudah tersedia secara digital, mulai dari jual-beli, jasa, hingga transaksi pembayaran akan menggunakan sebuah tekhnologi digital.

Dan mereka yang tidak mau berubah ke era digital, lama-kelamaan akan hancur terlindas zaman. Oleh sebab itu marilah kita perkuat sendi-sendi ekonomi kita dengan ikut men digitalisasi bisnis yang sedang kita rintis.

salah satu cara mendigitalisasi bisnis kita adalah dengan mempromosikan produk kita melalu online, atau yang lebih kita kenal dengan Bisnis Online.

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE

Sederhananya bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis Ofline, hanya berbeda media saja yang digunakan, kalau bisnis offline kita harus mempunyai toko fisik, kita harus bertatap muka dengan penjualnya secara langsung. Sedangkan bisnis online segala sesuatunya harus melalui online atau internet.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari memasarkan produk secara online yaitu kita mampu menekan biaya barang dan jasa serta dapat menyampaikan informasi dengan sangat cepat, sehingga para konsumen dengan cepat mengetahui barang-barang mana yang masih ada dan sudah kosong serta mengetahui perkembangan harga pasar dengan cepat.

Untuk memulai bisnis online cukup mudah yaitu anda bisa memasarkan produk anda dengan media gratisan seperti facebook atau instagram. Anda tinggal Uplod foto produk anda lalu promosikan postingan facebook atau instagram, cukup mudah bukan?

Tapi, apabila anda terus-terusan mempromosikan produk anda lewat media gratisan seperti facebook atau instagram anda tidak akan mendapat kepercayaan pasar yang kuat. Karena kita harus mengakui kalau kepercayaan adalah modal utama agar bisa sukses dalam berbisnis termasuk dalam bisnis online.

Untuk mendapat kepercayaan pasar yang kuat kita harus mempunyai toko online sendiri atau website,  toko online atau website ini akan membuat branding produk atau jasa yang kita tawarkan lebih menarik dan kepercayaan pasar terhadap kita lebih kuat, sehingga mereka tidak ragu lagi dalam memilih jasa atau produk kita untuk memenuhi kebutuhan mereka para konsumen.

CARA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI, CUKUP MUDAH !.

Langkah Pertama, Tentukan Tujuan anda membuat Website

Anda harus menentukan tujuan anda untuk apa membuat website itu, tujuan ini nantinya berpengaruh besar terhadap cara membuat website yang sesuai dengan keinginanmu, kalau untuk berbisnis online berarti tujuan anda membuat website adalah toko Onlline.

Langkah kedua : Tentukan platform website anda
Platform atau lebih tepatnya disebut CMS (Content Management System). Dengan adanya CMS kamu bisa membuat dan merubah konten website kamu tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Anda tinggal memilih bisa platform  wordpres ataupun blogspot, tapi saya sarankan untuk pemula memilih platform CMS wordpres karena CMS ini adalah yang paling populer dan mudah digunakan untuk para pemula diantara CMS Lainnya.

LANGKAH KETIGA : Memilih nama domain dan register hosting

Apa itu domain? Sederhananya domain adalah nama alamat web yang akan kita gunakan nanti, misalkan masterweb.com ; Masterweb adalah nama domain sedangkan dot(.)com adalah ekstensi domain. Anda tinggal pilih saja nama yang terbaik menurut anda. Saya sarankan nama domain anda adalah nama yang singkat dan mudah di ingat.

Langkah selanjutnya yaitu dengan memillih hosting terbaik, hosting yang baik harus memiliki 3 poin utama berikut yaitu:

1. Keamanan yang tinggi
2. Kecepatan load yang baik
3. Dapat diandalkan 24 jam

Salah satu penyedia layanan Hosting Bisnis Terbaik  di Indonesia adalah masterweb.com. Masterweb.com adalah perusahaan yang sudah sangat berpengalaman sebagai penyedia hosting nomor wahid di Indonesia, sudah sejak 18 tahun yang lalu dan terus berkembang memberikan pelayanan domain yang murah, domain gratis, Hosting Murah Indonesia pertama di Indonesia.

Selain memberikan layanan hosting website murah, kini masterweb.com juga memberikan layanan pembuatan website cepat dan siap saji hanya dalam 1 menit, untuk anda yang tidak mau repot dalam membuat website sendiri.

Nantinya anda tinggal pesan ke masterweb.com untuk dibuatkan website dan setelah jadi anda tinggal memakainya untuk berbisnis online, dan apabila ada kendala dalam pengoperasian website anda tinggal menghubungi cs masterweb.com yang pasti sudah siap bersedia 24 jam untuk melayani anda.
Cara Beli Hosting di masterweb.com

Ada 6 langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk dapat layanan hosting terbaik dari masterweb.com

1. Pertama anda tinggal pilih menu hosting, lalu pilih paket.

2. Kedua, pililhlah domain yang akan menjadi identitas kita nantinya, pastikan nama domain anda singkat dan mudah di ingat dan sesuai dengan nama bisnis anda.

3. Ketiga, setting konfigurasi, dibagian ini anda akan mendapatkan pilihan layanan yang akan anda terapkan di website online anda , pastikan layanan yang anda pilih ini sesuai dengan kebutuhan website onlien anda ya.

4. Konfirmasi pesanan, dibagian ini anda harus memilih layanan yang akan menunjang website bisnis online anda.

5. Checkoout, disini anda harus mengisi data diri  dan informasi yang dibutuhkan dan menyelesaikan administrasi pembayaran yang anda akan gunakan

Jika kelima hal diatas sudah selesai berarti selamat, anda tinggal mengelola website anda agar bisa melakukan bisnis online anda melalui website yang baru anda buat.

Setelah anda mempunyai website untuk berbisnis online bukan berarti jalan anda sudah berhenti, kini anda mempunyai kewajiban untuk mempromosikan website/toko online anda agar toko online anda semakin dikenal masyarakat luas.

Salah satu cara mempromosikan toko online anda adaalah dengan mengajak semua konsumen yang dulu membeli produk atau jasa anda lewat media gratisan untuk beralih membeli lewat toko online anda.

Atau anda sesekali mengadakan promosi/ diskon atau mengadakan give away atau lomba blog seperti yang dilakukan oleh masterweb.com ini agar website/toko online anda semakin dikenal masyarakat luas dan anda bisa menaklukan era industri 4.0 ini dengan mudah.

Sekian dulu tulisan dari saya, semoga bermanfaat. bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah yaa...




*Tulisan ini di ikut sertakan dalam blog competition yang diadakan oleh penyedia hosting nomor 1 di indonesia, Masterweb.com blog competition*

Author

Mas Rahman Nama saya surahman umur 24 tahun, belum menikah/single, alamat Banjarnegara No WA 0852-2645-3701 ya kali aja ada yang mau kenalan :D

Posting Komentar