BANTUAN 600 RIBU PERBULAN?,JANGAN BERHARAP DAPAT BANTUAN KALO KAMU TIDAK MASUK KRITERIA INI.


Assallamualaikum warohmatulohi wabarokatuh teman-teman semua apa kabarnya ? semoga kita selalu dalam lindungan Allah dan dijauhkan dari wabah corona ini sejauh jauhnya seperti jauhnya timur dan barat ya ..aamiin

Di artikel kali ini saya ingin sedikit membahas tentang corona tapi bukan masalah virusnya karna kalian pasti sudah taulah, tapi dampak sosial yang ditimbulkan oleh si virus mahkota ini.

Seperti kita ketahui bersama bahwa dampak dari virus ini menyerang hampir disetiap celah masyarakat dari pengusaha besar sampai pedagang keliling kayak saya, dampak yang ditimbulkan pun gak main-main mulai dari pendapatan perusahaan yang menurun bahkan sampai 0% atau gak ada pemasukan sama sekali dan akibatnya banyak karyawan yang dirumahkan bahkan di PHK massal.

Dikalangan pedagang kecil pun efeknya gak main-main, kalo di kalangan pengusaha walopun mereka rugi bahkan bangkrut saya yakin ahlul yaqqinn kalo tabungan mereka masih sanggup buat makan sampe 1 tahun kedepan, lah kalo pedagang keliling kayak saya buat makan seminggu kedepan aja bingung son! Itu sebabnya saya bilang efeknya gak main-main alias serius!

Ditengah kegelisahan seperti ini tertiup secercah angin sejuk mendengar kabar akan dapat bantuan sosial berupa kartu sakti madra guna yaitu kartu Prakerja yang ‘katanya’ bisa dapat bantuan uang tunai 600 ribu perbulan selama 4 bulan dan pelatihan yang ‘katanya’ lagi bisa buat bertahan hidup ditengah wabah corona ini.

Tapi yang namanya angin pastilah berpindah, gak mungkin diam disitu. Angin sejuk kartu prakerja seolah-olah hilang bagai kentut keangkasa ketika mendengar pernyataan Menteri pekerjaan dan perindustrian tadi di Inews waktu ditanya sama ira koesno, “sudah ada 5,9 juta pendaftar kartu prakerja, tapi yang akan dapat hanya sekitar 5 jutaan, bagaimana ibu nanti menyeleksinya?,,, dan dijawab dengan statement yang muter-muter saya pun bingung nulisnya gimana, mungkin si ibu mentri mau jawab ya kalo dapet ya nasib lu baik kalo gak dapet ya sudah nasibmu jelek diterima aja, tapi kayaknya gak jadi mengingat jabatannya sebagai mentri jadi bahasanya ya harus kerenlah. So, kitalah yang harus banyak-banyak berdo’a supaya lolos dapet kartu pra kerja..aaamiiin

Oke, lupakan soal kartu prakerja ada lagi bantuan sosial yang bisa jadi harapan masyarakat bawah kayak saya yaitu bantuan yang selain PKH dan selain kartu sakti Pra kerja entah namanya bantuan apa tapi ‘katanya’ bisa dapet bantuan uang tunai 600 ribu perbulan selama 3 bulan.

Karna lagi bokek dan mengesampingkan rasa rikuh dan pakewuh saya wasap Sekretaris Desa di Desa saya Desa Kaliwungu menanyakan perihal bantuan sosial yang katanya bisa sebagai jaring jaringan iwak eh jaring pengaman sosial maksudnya, perihal bantuan sosial yang ‘katanya’ bisa dapet uang tunai 600 ribu perbulan selama 3 bulan, dan jawabannya seperti dibawah ini.




Bisa dapet bantuan tapi ada kriterianya, kata sekdes di Desa Saya kriterianya ada 14 tapi antum cukup masuk 9 kriteria aja, antum sudah bisa dapet bantuan yang ‘katanya’ bisa sebagai jaring pengaman sosial. Apa aja? Cekidot!

1. Luas lantai rumahnya kurang dari 8m persegi/ orang
2. Lantainya dari tanah/bambu/ kayu, kayunya juga harus yang murah minimal lebih murah dari harga semenlah
3. Dinding bambu/ rumbia dan bla bla bla intinya bukan pake batu batalah
4. Buang air besar/ ngising gak pake fasilitas/ ngisingnya numpang di kakus tetangga
5. Penerangan Tanpa Listrik (ebusset udah kaya suku badui aja)
6. Air minum dari sumur/ mata air tidak terlindungi/sungai/ air ujan... (bukannya minum tuh dari gelas ya?)
7. Bahan bakar kayu bakar / arang/ minyak tanah (kalo pake minyak tanah bukannya tuh barang mewah ya cz harganya lebih mahal dari pertalite cuy)
8. Konsumsi daging susu/ ayam hanya sekali seminggu
9. Satu setel pakaian setahun
10. Makan 1-2 kali sehari
11. Tidak sanggup berobat ke puskesmas/ poliklinik
12. Sumber penghasilan KK (orang yang ada di KK lu) harus kurang dari 600 ribu/ bulan
13. Pendidikan KK tidak sekolah/ hanya tamat SD
14. Tidak memiliki tabungan/barang mudah dijual minimal 500 ribu

Kalo antum masuk ke 14 kriteria diatas atau Cuma 9 kriteria aja antum sudah bisa dapet tuh bantuan jaring pengaman sosial.

Etapi saya yakin ahlul yaqin kalo pembaca blog saya ini yang jumlahnya udah ribuan gak bakalan satupun yang masuk dari kriteria diatas...!!

Author

Mas Rahman Nama saya surahman umur 24 tahun, belum menikah/single, alamat Banjarnegara No WA 0852-2645-3701 ya kali aja ada yang mau kenalan :D

Posting Komentar