Tips dan trik jualan jajanan di sekolah dasar dengan sepeda motor

Penjual Jajanan
dok pri ( penjual jajanan disekolah)


Saat melewati sekolah dasar kamu akan melihat banyak sekali penjual jajanan di depan atau disamping pintu gerbang sekolah terutama di jam-jam menjelang istirahat.

Dan bukan hanya satu atau dua jenis jajanan saja yang dijual tapi buanyak banget, ada cireng, cilor, cilung, cimol, cilok, siomay, batagor, sostel (sosis telor), sosis bakar, sosis goreng, bakso bakar, bakso pentol, dan lain-lain.

Dari kalangan minuman atau es ada es kocok, es lapis, es pisang ijo, es jely susu, es serut, jasuke (jagung susu keju), dan lain-lain yang makin kesini smakin banyak variannya, dan jumlah pedagang jajanan pun tiap tahun selalu saja bertambah, itulah sebabnya tiap tahun selalu saja ada varian jajanan baru yang muncul.

Kalo dulu mereka berjualan dengan menggunakan sepeda ontel, sekarang sudah semakin maju nih mereka berjualannya dengan sepeda motor.

Selain lebih cepat, dengan menggunakan sepeda motor jumlah sekolah yang bisa dijangkau jadi lebih banyak otomatis untungnya juga lebih banyak.

Eits, tapi tunggu dulu karena sekarang banyak banget orang yang ikut berjualan jajanan disekolah jadi persaingannya juga semakin ketat.

Mangkanya kalo kalian juga berminat untuk ikut berjualan jajanan disekolah dengan menggunakan sepeda motor kalian harus tau triknya biar jajanan kalean bisa laris manis.

Dibawah ini saya kasih tau tips dan triknya yang diambil dari pengalaman saya sendiri saat berjualan es disekolah wkwk, yahh walopun kadang gak seratus persen laris, tapi ya semoga saja sedikit membantu.

1. Datang lebih pagi

Ini penting banget yes, apapun yang mau kalian jual entah itu es atau goreng-gorengan kayak cireng atau batagor usahakan untuk datang lebih pagi, karena kalo kalian datang terlalu siang biasanya tempat yang strategis sudah diisi oleh pedagang lain, dan kalian akan kebagian tempat yang jauh dari pintu gerbang atau malah gak kebagian tempat sama sekali.

Kalo jauh dari pintu gerbang biasanya anak-anak akan males untuk menghampirimu, kecuali kalo jajanan yang kamu jual emang lagi nge hits banget dikalangan anak sekolah.

2. Hias gerobak dagangan

Sama seperti poin pertama ini juga termasuk penting yes, dengan menghias gerobak dagangan anak- anak jadi lebih tertarik untuk mendekat ke dirimu.

Kamu bisa mengecat warna gerobak dengan warna-warna yang mencolok dan terang, atau dengan menambahkan foto karakter kartun yang sedang ngehits dikalangan anak-anak, misalnya boboboy , upin-ipin, ultramen dan sebagainya.

3. Beri tulisan yang menarik

Anak-anak gak akan tau kan kamu jual apa kalo digerobak kamu gak dikasih tulisan. Ya kalo anak yang aktif biasanya akan bertanya, tapi kalo anak yang malu-malu (kayak lu) biasanya gak mau tanya dan lebih memilih untuk beli ke pedagang yang sudah jelas jualannya apa dan kamu akan diabaikan begitu saja (sakiiiit).

Berilah tulisan yang menarik, misalnya kalo kamu jualan cimol kasihlah tulisan cimol asoooy, bakso halilintar, cilok ultramen, sosis alien atau apalah, asal jangan seperti tulisan dibokong truk (papah pulang mamah basah), nanti anak-anak akan bingung lalu bakal nanya... nah nah nah nanti bagemana caranya buat ngejelasin? Bingung kannn.

4.  Sok akrab

Trik ini bukan hanya ampuh dipraktekan saat kamu lagi pedekate aja yes, tapi juga ampuh buat berjualan. Kalo saat jualan kamu hanya diem membisu gak mengucap sepatah katapun atau malah menampilkan raut muka yang cemberut, pasti anak-anak akan males buat beli dagangan lu.” liat mukanya aja gak enak apalagi dagangannya pasti lebih gak enak.” (kata mereka).

Cobalah untuk lebih akrab dengan mereka salah satunya adalah kamu bisa membuat panggilan yang unik buat mereka, misalnya,”sini bray beli bray kalo gak beli gak gaull.” Atau dengan membuat suara-suara yang unik , misalnya,” wayaee wayaeee.... atau apalah terserah lu yang penting jangan diem aje kayak patung monas !!!!1!!!!1

Bisa juga dengan membuat tebak-tebakan yang unik, biasanya anak anak akan sangat senang dengan tebak-tebakan apalagi kalo tebak-tebakannya lucu pasti mereka semua akan mengelilingi dagangan kamu.

5. Sabar

Seperti kata pepatah “orang sabar disayang Tuhan”, saat berjualan jurus sabar ini mau tidak mau harus kalian keluarkan.

Apalagi kalo ke empat tips diatas belum juga ampuh buat menarik pembelli, cobalah untuk sedikit bersabar karena biasanya anak-anak belinya itu rombongan kalo ketua gengnya atau anak yang biasanya dianggep punya pengaruh udah beli ya pasti pengikutnya pada ikutan beli.

Jangan jadi pedagang yang gak sabaran, belum ada yang beli langsung ngegas pergi pindah sekolah, padahal nunggunya baru 5 menit ya wajarlah belum ada yang beli.
Disamping capek pindah-pindah tempat jualan, kalo gak sabar kamu bakal kehabisan bensin sama waktu. Karena jam istirahat itu Cuma 30 menit waktumu akan habis di jalan. Iya kalo jarak sekolahnya deket la kalo jauh begemana....bobrook bobrook

6. Jaga solidaritas dengan sesama pedagang

Disekolahan itu gak sama kayak dihutan kamu gak jualan sendirian, sebisa mungkin jaga hubungan baik dengan pedagang lainnya jangan sampe ada perselisihan sekecil apapun.

Sebab kalo ada perselisihan akan memunculkan rasa rikuh atau pakewuh atau gak enak yang akan berimbas sama jualan kamu.

7. Jaga kebersihan

Poin terakhir ini biasanya sangat krusial, kalo kamu gak bisa jaga kebersihan tempat jualan kamu bakal kena semprot penjaga sekolah atau dari kantin sekolah.

Saya dulu waktu masih awal-awal jualan pernah kena semprot nenek-nenek lampir kantin sekolah disitu padahal ya sampah saya gak banyak-banyak amat tapi karena saya yang pergi terakhir dan kebetulan saat itu dagangan saya juga laris akhirnya saya disuruh nyapu satu halaman. Hasshhh kenapa si disetiap sekolah pasti ada nenek-neneknya !!111!!11!!

Yaudah saya turutin aja dari pada besok gak boleh jualan lagi disitu.

Oke yes, itu sedikit tips dan trik jualan jajanan dengan sepeda motor di sekolah dari saya semoga sedikit membantu terutama buat kamu yang mau mulai berwirausaha..

Jangan lupa komen ya ookkey....

Author

Mas Rahman Nama saya surahman umur 24 tahun, belum menikah/single, alamat Banjarnegara No WA 0852-2645-3701 ya kali aja ada yang mau kenalan :D

2 komentar

  1. Ngakak bgt bang kwkw apalagi yang point nomer 4 "wayaae wayaeee" 😂😂😂

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat bermanfaat gan jangan lupa juga kunjungi ilmumodern.com

    BalasHapus

Posting Komentar